Jumat, 15 Januari 2016

Cooking Time: How to Make Lumpia

Salah satu cara saya untuk menghilangkan penat disaat kepala penuh masalah adalah memasak. ya, masak-masakan. hihi seru loh bereksperimen di dapur. rasanya kayak dapet tantangan gitu gimana manfaatin semua bahan yang ada di kulkas biar bisa jadi makanan yang enak dan bisa dimakan. dan alhamdulillah entah kenapa makanan yang selalu saya masak itu ludes ehehehe. jadi semangat buat masak-masak terus nih hihi.

btw ini post kedua saya yang bahas makanan ya? buat post pertama saya tentang memasak, bisa cek postingan sebelum ini ya. disitu saya bagi resep tentang how to make Chicken Karage. nah, di post kedua ini saya akan membagikan resep tentang cara bikin lumpia. jadi, resep ini saya dapatkan dari ibu saya. sejak jaman TK saya sudah sering banget lihatin ibu saya masak. entah itu bikin kue, bikin masakan buat makan sehari-hari, atau sekedar bikin camilan buat pengajian. daaaaan beliau sangat pandai memasak, jadi jangan salahkan saya kenapa saya suka banget main masak-masakan heheeheu.

oke langsung aja

bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana dan mudah untuk ditemukan. jadi bahan disini saya bedakan jadi 2 macam, yaitu bahan untuk bikin isi lumpia dan kulit lumpia. kita bahas dulu buat isi lumpianya ya. bahan bahan yang dibutuhkan antara lain:
1. 1 butir bawang bombay, iris tipis
2. 3 siung bawang putih, cincang halus
3. 2 siung daun bawang, iris tipis
4. gula dan garam secukupnya
5. 4 butir telur
6. 1/4 kg daging ayam, cincang halus

cara bikin isi lumpia:
1. panaskan penggorengan, isi minyak
2. setelah panas, masukkan bawang bombay, bawang butih dan daun bawang yang telah diiris
3. tumis hingga timbul bau harum
4. masukkan gula dan garam secukupnya. jangan sampe terlalu asin atau terlalu manis ya
5. masukkan telur, kemudian campur jadi satu dengan bumbu yang lain
6. masukkan daging ayam yang telah dicincang, campur jadi satu
7. goreng hingga setengah matang
8. voila! jadi deh isi lumpianya, hihihi

untuk isi lumpia ini sifatnya opsional sih, bisa ditambah sayuran kayak wortel atau rebung. saya sendiri sih gak suka pake rebung hehehe

nah setelah step isi lumpia, kita sekarang langsung kulit lumpianya ya. bahan bahan buat kulit lumpianya antara lain:
1. 1/2 kg tepung terigu. ini terserah sih mau pake tepung terigu apa, biasanya saya pake tepung terigu merek Cakra. kalo yang Segitiga Biru biasanya buat roti kering ehehe
2. 1 butir telur ayam
3. 1 siung bawang putih, cincang halus
4. garam secukupnya
5. air secukupnya

cara bikin kulit lumpia:
1. campurkan semua bahan menjadi satu. aduk sampai rata. tantangan buat kalian adalah gimana caranya tepung terigu bisa tercampur rata, soalnya ini butuh banget kesabaran dan ketelatenan. kadang kadang malah masih menggumpal gitu, padahal udah diaduk dengan rata. usahakan adonan jangan sampe kebanyakan air ya, jangan terlalu pekat juga. pokoknya harus bisa ngira-ngira sendiri lah hihi
2. kemudian setelah adonan selesai dibuat, panaskan teflon. kenapa pake teflon? biar kulit lumpia mudah dilepaskan dari teflon. oh iya untuk membuat kulit lumpia ini kita cuman butuh sedikit minyak, gausah banyak banyak biar kulit lumpia enggak terlalu berminyak.
3. setelah teflon cukup panas, masukkan adonan menggunakan centong. buat kulit lumpia usahakan jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis.
4. jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
5. ulangi hingga adonan kulit habis. untuk setengah kilo tepung terigu, kira kira menghasilkan sekitar 20 sampai dengan 25 kulit lumpia

nah setelah isi dan kulit lumpia sudah jadi, sekarang kita isi kulit lumpia. untuk pengisian kulit lumpia jangan terlalu penuh, biar nanti waktu digoreng isinya enggak tercecer kemana-mana.

setelah kulit terisi semuanya, siapkan penggorengan. isi dengan minyak, kemudian panaskan. setelah panas, masukkan lumpia dan goreng hingga berwarna kecoklatan.

dan voila! Lumpia siap dinikmati. sajikan selagi hangat ya. lebih mantap lagi kalo makannya pake saus ataupun pake cabai rawit. hihi


maaf gak bisa fotoin step by step cara bikinnya, karena emang belum sempet bikin lagi. foto ini bahkan udah sekitar 10 bulan yang lalu hiks mohon dimaafkan yaa


Happy Cooking!

Sabtu, 09 Januari 2016

Cooking Time: How to Make Chicken Karage

Halo guys! ehehehehe jadi saya suka sekali kepada diri saya sendiri karena sekarang sudah rajin posting! semoga kerajinan posting ini tetap istiqomah ya. aamiin.

jadi pertama-tama saya ucapkan selamat berlibur kepada para mahasiswa yang sudah dapet jatah liburan. doakan saya yang sedang berjuang disini buat menghadapi ujian praktek yang sangat melelahkan ini ya. oke mulai alay

ehem

di postingan kali ini saya akan memberi sedikit tutorial tentang cara membuat Chicken Karage. patut dicoba dirumah nih daripada liburan gabut gak ngapa-ngapain, terutama buat ciwi-ciwi yang pengen belajar masak yang gampang. resep ini saya dapatkan dari ask.fm nya Mbak Janit terus saya modifikasi dikit. tapi tetep enak kok hihihi. oke yuk langsung aja yaa

Untuk bahan bahannya, kita perlu :
1. 200 gr paha ayam, potong kecil kecil
2. 1 sendok makan gula pasir
3. 2 sendok soyjoy (ini saya pake saus teriyaki punyanya saori. Nah, berhubung saus teriyaki dari saori ini manis, jadi gula pasirnya sedikit dikurangi)
4. 1 siung bawang putih, iris tipis (kalo pengen lebih gurih, tambah 1 siung lagi juga gapapa kok)
5. 1 sendok makan susu cair (saya dulu bikinnya pake susu frisian flag warna putih itu loh ehehe)
6. Tepung maizena
7. Garam dan lada secukupnya (berhubung gak suka pedes, jadi aku gak pake lada hehehe)

How to make:
1. Campurkan semua bumbu diatas beserta ayam. Aduk rata.
2. Ayam yang sudah berbumbu disimpan selama beberapa jam, agar bumbunya meresap.

------------ setelah meresap ----------------

3. Tiriskan sisa kuah bumbu (jika ada), masukkan tepung maizena untuk kulit ayamnya. Banyaknya tepung maizena tergantung seberapa tebel kulit ayam yang kamu inginkan.
4. Panaskan wajan yang telah diberi minyak. Oh iya, minyaknya harus banyak ya, soalnya bakal di deep fried.
5. Goreng hingga kecoklatan.
6. Voila! Jadi deh Chicken Karage nya.



maaf gak ada foto tentang tutorialnya, adanya hasil akhirnya doang hehehe

rasanya? manis-asin-gurih gitu. cenderung ke manis dan gurih sih daripada ke asinnya, tapi enak bangeeeet seriusan. malah sekarang ketagihan pingin buat lagi kalo lagi bingung mau masak apa. hihihi, selamat mencoba!



Selasa, 05 Januari 2016

Memories in 2015

5 Januari 2016. seharusnya ini postingannya dibuat tanggal 31 Desember 2015 gitu ya. tapi mohon maaf dikarenakan lagi gak di Subay (kalo di Subay biasanya pake wifi wkwk) dan jugaaaaa lagi ujian jadi mohon dimaafkan kalo sekarang baru posting. ehehehe nggak telat kan? masih 5 hari juga *ngeles*

oke lanjut

di tahun 2015 kemaren banyak banget yang harus disyukuri! gak tau harus gimana lagi, cuman bisa bilang "Alhamdulillah". banyak momen momen yang membuat saya berubah. entah itu merubah cara pandang saya akan sesuatu, atau berubah ke arah pribadi yang lebih baik. Entah, Allah begitu baiknya sama saya padahal saya ini sering banget berbuat dosa. Ya Allah, ampuni hambaMu ini ya Allah :')

tahun 2015 ini alhamdulillah, saya mulai berhijrah. mulai menggunakan hijab yang lebih syar'i. dulu sih khimarnya model paris gitu tapi tetap menutupi dada. dari awal saya berhijab dulu saya emang nggak suka kalo khimar disampirkan ke bahu. nggak pede aja gitu hehehe. Alhamdulillah, Allah masih memberikan saya hidayah untuk menggunakan hijab yang lebih syar'i lagi. berkat sering baca-baca ask.fm dan juga suka buka web, tumblr, ig, dan twitter islami jadi tersentuh buat pake. Bismillah, lillah. doakan saya biar terus istiqomah ya! hihihi.

di tahun ini juga saya mendapat hape baruuuu. seseneng itu sih hihihi soalnya dapetinnya juga butuh perjuangan. Alhamdulillah disyukuri semuanya. jadi nggak bingung lagi kalo ada apa-apa, biasanya saya agak susah dikontak huhuhu.

terus di tahun ini saya juga diberikan kesempatan sama Allah buat ketemu sama salah penulis favorit saya, mas Ahmad Rifa'i Rif'an. Jadi ceritanya pada waktu bulan puasa kemarin itu kampus saya ngadain kajian gitu kan. terus pengisi kajiannya ada mas Rifa'i ini. dannnn bisa ditebak, saya langsung excited! padahal itu lagi musim ujian tapi saya tetep bela-belain dateng soalnya mas Rifa'i juga mau bagi-bagi buku gratis. hehehe. alhamdulillah ya salah satu mimpi saya bisa terealisasikan.

salah satu bucket list 2015 saya adalah bisa travelling ke beberapa tempat dan di tahun ini alhamdulillah bisa terealisasikan. jadi di tahun 2015 ini saya travelling ke tempat tempat yang sebenarnya sudah ingin saya datangi sejak lama. tempat yang pertama itu ke Gua Umbulthuk dan Pantai Pangi (cerita lebih lengkap bisa dilihat disini). terus selain itu saya juga bisa pergi ke Monumen Trisula! hahahaha impian saya sejak SMP akhirnya terealisasikan juga hehehe


lokasinya cukup jauh dari rumah saya, jadi selalu mager mau pergi kesana huhuhu

selain pergi ke dua lokasi tersebut, saya juga berkesempatan untuk mencicipi keindahan Gunung Bromo yang sudah tersohor dimana-mana. mulai dari melihat sunrise, lihat kawah bromo sampai ke pasir berbisik sudah terlaksana. alhamdulillah banget soalnya ini sebenarnya mimpi udah lama banget dan baru 2015 ini baru terlaksana hehehe.





gatau mau berkata apalagi selain kata "Alhamdulillah"


Agustus 2015 adalah bulan yang sesuatu bagi saya. Jadi ceritanya dari 6 tahun yang lalu (zaman SMP) saya suka banget sama The Changcuters semenjak mereka main di Tarix Jabrix. Penampilan mereka yang gokil, unik, kompak dan terkesan apa adanya membuat saya mengagumi mereka. Lagu-lagunya pun unik, dan pas buat remaja masa kini. Dari dulu pengen nonton mereka konser tapi belum kesampaian. Tetapi alhamdulillah saya bisa menonton mereka secara langsung di SMASA tercinta dan secara kebetulan juga lagu yang mereka bawakan sebagian besar adalah lagu favorit saya. Hahaha. Terimakasih banyak buat panitia DN SMASA tahun ini. Kalian luar biasa. Terimakasih buat Bang Tria (Vokalis), Bang Qibil (Gitaris), Bang Alda (Gitaris), Bang Dipa (Bassis) dan Bang Erick (Drummer) yang sudah memeriahkan DN SMASA 60 tahun. Kalian keren bang! I'm proud to be Changcut Rangers!


 Hanya bisa memfoto dari jauh tapi saya senang sekali! akhirnya keturutan nonton mereka setelah 6 tahun ngefans hehehe

kemudian di tahun 2015 ini yang saya syukuri banget adalah Aderation Project akhirnya punya outlet! alhamdulillah banget, ini semua berkat doa-doa semua orang yang sudah mendukung Aderation Project. hihihi semoga makin produktif aja ya!



semoga semakin produktif dan menghasilkan karya lebih banyak lagi

oh iya, di tahun ini umur saya genap berusia 20 tahun! alhamdulillah sama Allah masih diberikan hidup. di umur 20 tahun ini merupakan umur yang bener bener 'wow' bagi saya karena ada beberapa hal yang baru dalam hidup saya hingga saya sendiri pun masih nggak percaya kalo diri saya bisa kayak gini hahaha.

di tahun ini alhamdulillah jadi lumayan produktif wkwkwk. apalagi setelah punya outlet jadi semakin rajin bikin sesuatu hal yang baru. semoga semangat produktif ini gak akan luntur.

bismillah, 2016 ini harus lebih banyak untuk belajar hal-hal baru, berbagi dan menginspirasi. semoga Allah selalu meridhoi segala langkah yang saya ambil. semangat!

Minggu, 03 Januari 2016

Hal Kecil untuk Lingkungan

Halo semuanya! hehe, maafkan kalo saya nggak pernah update selama beberapa bulan terakhir ini gara-gara ya.. begitulah. kadang-kadang belum dapet inspirasi mau posting apa hehe.

Btw, Selamat Tahun Baru ya! semoga di tahun ini lebih banyak bersyukur, berbahagia, berbagi dan menginspirasi. Aamin.

Jadi begini ceritanya. Sabtu tanggal 2 Januari kemaren lagi jogging ke Alun-Alun Blitar sendirian. Trus lihat banyak banget sampah bertebaran dimana-mana. Dan ya, saya berinisiatif untuk memungut sampah yang ada. Ya, walau cuman sebagian sih tapi setidaknya sudah lumayan bersih dan enak dipandang.



Ini kondisi awal pas pertama saya dateng di Alun-Alun Blitar. Itu hanya sudut kecilnya aja. Sebenernya sampahnya banyak kesebar dimana-mana. Serius, awal dateng langsung ngenes sendiri.


Bagian selatan Alun-Alun Blitar sisi sebelah timur. Bisa dilihat sendiri kan sampahnya banyak banget? Efek Tahun Baru mungkin kali ya.


Dan hasilnya alhamdulillah, lumayan bersih dan enak dipandang. Gak malu-maluin kalo ada turis dateng ke Alun-Alun Blitar. Hehehe

Ini hasil sebagian sampah yang saya kumpulkan dari sebelah utara. Yang sebelah selatan saya masukin ke dalam gerobak sampah yang ada di situ.

Dan kemaren di Alun-Alun Blitar itu sampahnya macem-macem! mulai dari sampah plastik, gelas air mineral,  pampers (serius kemarin saya nemu pampers dibuang gitu aja gak dimasukin plastik), nasi basi, lauk basi, bonggolan jagung, dan ya.... yang paling parah itu kulit kacang. 

Kulit kacang, gais. Dibuang. Berceceran. Saya gak habis pikir. Kulit kacang loh ini, dibuang di rumput. Apa ya gak mikir kalo kulit kacang itu susah dibersihin kalo di rumput? Pake sapu ijuk aja belum tentu tersapu semua. Ya akhirnya saya mungutin sendiri. Lumayan banyak juga.

Btw ada cerita lucu kemaren pas waktu ngebersihin di Alun-Alun. Jadi kemaren juga ketemu sama petugas kebersihan Alun-Alun kan. Terus dikirain saya dari lembaga mana gitu. wkwkwk. Ya saya jelasin kalo saya bukan dari lembaga manapun, ini inisiatif dari diri sendiri. 

Mana kemaren lumayan banyak orang yang jogging di Alun-Alun pada ngeliatin. Mungkin pada mbatin, 'ini anak kok kurang kerjaan banget ya'. wkwk. Saya mah cuek aja, lagian apa salahnya juga bersih-bersih hehehe.

Dan lanjut.  Setelah jogging di Alun-Alun, siangnya tiba tiba Bapak ngajakin ke Pantai Pangi. Terus ya kejadian pagi tadi di Alun-Alun terulang kembali. Dan sampahnya lumayan banyak juga. Sekitar 6 kardus + beberapa kresek sampah. Alhamdulillah Pantai Pangi jadi lumayan bersih.




Jadi ini kardusnya minta sama mas penjual makanan yang ada di pantai situ. Dikirain sama penjualnya  dipake alas duduk. wkwk



Dan........ kemarin nemu kertas kayak gini. Kekinian sih boleh aja tapi tolong kertasnya jangan dibuang sembarangan. Btw itu orangnya salah nulis, harusnya Pangi, bukan Tambakrejo (kayaknya yang nulis sebenarnya mau ke Tambak, berhubung kemaren jalan ke Tambak itu macet jadi belok ke Pangi). Kalo diajak sama yang nulis jangan mau ya. Kertas aja gabisa dijaga, apalagi hati kamu~


Tantangan tersendiri pas waktu bersihin Pantai Pangi. Pantai lagi rame-ramenya, gara-gara liburan mau habis (kemarin emang sempet kena macet sih pas mau ke Pangi). Sampe sama Ibu-ibu penjualnya disuruh berhenti bersih-bersih. Wkwk
tongue emotikon
Disini saya nggak bermaksud pamer sama sekali, hanya patut disayangkan aja. Siapa yang tega coba kalo tempat rekreasi jadi lautan sampah? Udah dikasih fasilitas rekreasi sama Pemerintah, malah seenaknya aja buang sampah sembarangan.

Ya, saya mengerti bahwa nantinya akan ada petugas sampah yang akan membersihkan itu semua. Tapi setidaknya bertanggungjawablah atas sampah sendiri. Buang sampah pada tempatnya, atau sediakan kantong kresek sendiri kalo gak ada tempat sampah. Kumpulkan jadi satu, kemudian buang jika sudah menemukan tempat sampah.

Cinta pada Indonesia gak melulu harus travelling kemana-mana sambil bawa kertas bertuliskan "Jangan dirumah terus, Indonesia itu indah" atau "dapet salam dari mt. Blablabla, blablabla mdpl". Cinta pada Indonesia bisa diawali dari hal kecil dengan menjaga lingkungan sendiri seperti membuang sampah pada tempatnya. Yuk, mulailah belajar untuk peka pada lingkungan. Jangan terus berpikir tentang apa yang lingkungan berikan kepadamu, tapi mulailah berpikir tentang apa yang bisa kamu berikan untuk lingkunganmu.

Selamat malam :)

Andhira A. Mudzalifa